Pengalaman Pribadi:
Cara Mengatasi Memori Samsung J2 Prime Yang Cepat Penuh
(Bagian 2)
(Bagian 2)
Assalamu alaikum Friends …
Alhamdulillah, di tengah cuaca bulan April
yang hangat ini (hehe) semangat menulis yang sempat terseok-seok itu bisa
bangkit lagi.
Kenyataannya, menulis memang bukan pekerjaan
yang mudah :)
Baiklah, kali ini saya ingin kembali membagi
pengalaman mengatasi memori Smartphone
Samsung J2 Prime yang selalu cepat penuh.
Sebelumnya saya sudah berbagi pengalaman
serupa dengan cara yang berbeda.
Baik, langsung aja …
Sebagian pemilik J2 Prime pasti tidak asing lagi dengan tampilan pesan kadangkala muncul saat
membuka “Galeri” foto.
Pesan tersebut biasanya menjadi penanda bahwa
kita harus menghapus beberapa foto, file, atau membersihkan “sampah-sampah”
pada ponsel itu.
Akhirnya kita memutuskan untuk menghapus beberapa foto atau file yang dianggap tidak terlalu penting dalam smartphone itu.
Namun, yang menjadi masalah adalah jika semua foto atau file itu sama berharganya (hehe ...)
Serba salah jadinya.
Masalah lain yang sering muncul adalah saat
kita ingin menginstal aplikasi tertentu di smartphone kesayangan itu.
Ternyata “penyimpanan internal” ponsel
tidak mencukupi, dan akhirnya memerintahkan pemiliknya untuk menghapus aplikasi
lain yang tidak kalah pentingnya.
Nah, kalau teman-teman mengalami hal serupa
silahkan coba trik berikut ini.
1. Buka menu "Pengaturan"
2. Buka Icon "Aplikasi"
3. Pilih aplikasi tertentu yang ingin dihapus datanya, misalnya "FB"
4. Pilih "Penyimpanan"
5. Pilih "Hapus Data"
6. Maka akan muncul tampilan di bawah ini:
7. Setelah kita memilih "Hapus", hasilnya seperti ini:
Baca juga:
Stilistika: Telaah Ilmiah Terhadap Karya Sastra dengan Orientasi Linguistik
Setelah semua proses di atas dilakukan, silahkan cek "galeri", apakah sudah bisa terbuka/belum.
Stilistika: Telaah Ilmiah Terhadap Karya Sastra dengan Orientasi Linguistik
Setelah semua proses di atas dilakukan, silahkan cek "galeri", apakah sudah bisa terbuka/belum.
Begitu juga saat kita ingin menginstal atau mengupdate aplikasi
tertentu, apakah sudah bisa terproses/belum.
Jika masih muncul pesan bahwa "memori/ruang penyimpanan"
tidak mencukupi, ulangi langkah-langkah di atas pada aplikasi lain.
Misalnya: Traveloka, Youtube, WhatsApp, Google Chrome, Google Play
Store, dan aplikasi-aplikasi lainnya.
Langkah-langkah di atas tidak akan meng-uninstal aplikasi yang bersangkutan, hanya
menghapus "data-data/pengaturan" yang sudah disimpan sebelumnya saja.
Misalnya, saat kita menghapus data-data aplikasi
"Facebook", maka saat akan membuka FB, kita harus mengetik
ulang alamat email & kata sandi yang sudah kita set sebelumnya.
Biasanya Facebook juga akan meminta/mengkonfirmasi kita untuk men-setting ulang
mengenai lokasi, izin pengambilan foto/video, dsb.
Jika beberapa hari berikutnya "galeri" foto kembali tidak bisa dibuka atau update aplikasi di smartphone tidak bisa diproses, ulangi langkah-langkah poin 1-7 di atas.
Selamat Mencoba!
#Hanya ingin berbagi pengetahuan &
pengalaman hidup
ini nya sudah SD kartu selesai ini nya 22:19 17 20 17 21
ReplyDelete