Skip to main content

Keloid (Pengalaman Suntik Keloid di Rumah Sakit) (7)

Alhamdulillah, Keloid Itu Akhirnya Sembuh 

Dalam tulisan kali ini saya ingin menghidangkan dan membagi pengalaman tentang proses penyembuhan masalah kulit yang saya alami, yaitu KELOID.

Berdasarkan pengalaman pribadi, saya menyebut keloid ini semacam daging yang tumbuh di bekas luka, misalnya: bekas cacar air, bekas gigitan nyamuk yang digaruk hingga menyebabkan lecet, bekas luka karena terjatuh, bekas luka bakar, dsb. 

Untuk lebih jelasnya, berikut ini gambar keloid yang tumbuh di dada saya.


Keloid yang tumbuh di bagian dada tersebut berawal dari cacar air yang saya alami pada tahun 2002.

Sebagai anak berusia 11 tahun yang penuh dengan rasa penasaran, saya selalu memperhatikan cacar air tersebut & akhirnya tergoda untuk menyentuh, memencet, dan mengorek-ngorek cacar air yang sudah mulai mengering itu. 

Alhasil, bukannya sembuh atau kempes, bekas cacar air tersebut malah menimbulkan masalah baru, yaitu keloid.

Bisa jadi saat itu kuku saya kotor ketika mengorek-ngorek cacar air yang mulai mengering sehingga mengalami infeksi & akhirnya menjadi keloid (huffff).

Wallahu Alam.

Friends, pada saat pertama kali terkena keloid saya masih SD & belum mengetahui "asal usul" keloid itu, maka luka parut tersebut  akhirnya saya biarkan saja. 

Beberapa tahun berlalu ternyata keloid tersebut menimbulkan rasa gatal & setiap selesai digaruk, maka beberapa hari kemudian keloid tersebut melebar, menebal, dan memerah.

Keloid tersebut menimbulkan ketidaknyamanan pada saat bersentuhan atau bergesekan dengan kain baju yang saya kenakan.

Akhirnya, saat SMP saya diantar oleh ayah ke Puskesmas kemudian dirujuk ke Poli Bedah (saat itu boleh menggunakan Askes) di  rumah sakit pemerintah yang ada di Makassar, yaitu RS. Daya. 

Rumah Sakit Daya Makassar

Pada saat itu Dokter Bedah menyampaikan kepada ayah saya bahwa keloid tersebut akan tetap tumbuh meskipun sudah dioperasi/diangkat. 


So, ketika sampai di rumah, saya & orang tua mendiskusikan saran yang disampaikan oleh dokter & akhirnya memutuskan untuk tidak melanjutkan pengobatan keloid tersebut.

Baca juga:
Review Jujur Byoote Collagen, No Endorse!

o~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~o

Friends, waktu kembali berlalu & ketika saya baru saja menyelesaikan kuliah S1 pada tahun 2013, saya memutuskan untuk berkonsultasi lagi dengan dokter. 

Saya sangat khawatir & merasa tidak nyaman karena keloid tersebut sudah semakin menebal & melebar. 

Saat itu saya sudah memiliki informasi yang cukup memadai mengenai keloid, maka saya segera mengunjungi rumah sakit pemerintah di kota Makassar, yaitu Wahidin Sudirohusodo (berbeda dengan rumah sakit sebelumnya sewaktu saya masih SD).

 Rumah Sakit  Wahidin Sudirohusodo Makassar

Baiklah, karena saya merasa ini permasalahan kulit (nggak bermaksud sok tahu, dokter yang lebih tahu).

Saat itu saya tidak menuju Poli Bedah (poli rujukan sewaktu saya masih SD), saya memutuskan untuk berkonsultasi terlebih dahulu ke Poli Kulit

Alhamdulillah, saya tidak keliru & saya mendapatkan pengetahuan baru dari konsultasi waktu itu bahwa faktor utama penyebab keloid adalah genetik (keturunan) & bakat yang pada dasarnya dimiliki oleh si Empunya.

Setelah berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Kulit, saya akhirnya diberikan resep, yaitu Spuit (jarum suntik khusus keloid, bentuknya tipis & kecil) & Obat Cair dalam botol "Trilac" (obat ini harus disimpan di dalam kulkas). 

Ini contoh gambar spuit & obat tersebut.

Sedikit flashback

Saya kembali mengonsultasikan & melakukan suntik keloid perdana pada tahun 2013 (umur saya saat itu 23 tahun)

Hingga berakhir pada tahun 2015 (mohon maaf saya lupa tanggal & bulannya).

Sebenarnya saya pernah memposting artikel pengalaman tentang keloid pada 18 Februari 2015 dalam blog “ifanatsir.blogspot.co.id” (blog pertama saya).

Nah, pada tanggal artikel tersebut diposting saya sudah melakukan suntik keloid sebanyak 22 kali. 

Friends, sekitar akhir 2015 saya sudah melakukan suntik keloid sekitar 34 kali (serius, nggak bohong!). 

Ini contoh proses & hasil suntik keloid di dada saya (2013-2015)


Friends, gambar nomor 1 memperlihatkan keloid yang membengkak, membiru, dan menegang setelah disuntikkan “Trilac” selama beberapa hari.

Adapun gambar nomor 3-4 memperlihatkan proses kempesnya keloid sedikit demi sedikit.

Biasanya proses semacam ini berlangsung sekitar seminggu & pemandangan semacam itu akan berulang setiap kali selesai disuntik (hikkksss).

Kelihatan menyeramkan tapi tidak usah takut karena itu hal yang wajar (hehe).

Aman kok, selama kita ditangani oleh dokter yang profesional, bukannya dukun.

Dokternya saja bilang, “Wah, kamu tahan banting, yah!” hehe…

Baiklah, kembali  pada topik sebelumnya …

Seingat saya pada tahun 2013-2015, harga Spuit (yang paling mahal) itu sekitar Rp. 5000 & harga Obatnya sekitar Rp. 120.000-150.000. 

Spuit hanya dipakai satu kali saja, yah (langsung dibuang oleh dokternya, jangan diambil lagi) & obatnya bisa dipakai hingga 5-6 kali (bergantung dosis yang diberikan oleh setiap dokter yang menangani kita). 

Setelah digunakan, obatnya saya bawa pulang & saya masukkan ke kulkas lagi (bukan di freezer, yah). 

Friends, biaya konsultasi dokter & suntik keloid sekitar Rp. 150.000 (*saya pasien umum, tahun 2015, dan berobat di rumah sakit pemerintah di Makassar).

Ilustrasi suntik keloid :)


Saya melakukan suntik keloid rata-rata setiap 2 minggu/3 minggu sekali. 

Dokter yang menangani saya acapkali berbeda dengan dokter sebelumnya.

Kadang Dokter “A”, “B”, C”, atau “D”. 

Ada dokter yang mengatakan datangnya 2 minggu lagi, ada yang bilang 3 minggu lagi, bahkan ada juga yang bilang minggu depan (1 minggu kemudian). 

Sebagai pasien saya mengikuti saja instruksi dari dokter yang menangani saya pada hari itu.

Sebenarnya sih saya sangat berharap bertemu dan ditangani kembali oleh dokter yang menurut saya (pendapat pribadi, subjektif) sangat baik & ramah pada pasiennya. 

Sebagai pasien tentu kita pernah menemui dokter yang memiliki "kepribadian" dan "bakat alami" ketika menghadapi pasiennya.

Dokter-dokter dengan tipikal semacam itu membuat pasien berharap dapat bertemu kembali dengannya. 

Namun, hal-hal yang unik jarang terulang kembali. Yuhuuuu :D

But
, kita nggak bisa memilih juga kan. 

So
, sebelum berangkat ke RS/klinik, sebaiknya berdoa dulu agar ditangani oleh dokter-dokter yang baik hati & profesional, hehe …

Friends, meskipun berobat di RS pemerintah, saat itu saya tidak menggunakan Askes atau BPJS karena saya ingin “lebih cepat” langsung menuju sasaran, yaitu ke Poli Kulit (nggak harus melalui “pos-pos” yang lain dulu, hehe). 

Saya juga tidak tahu persis, seandainya saya memanfaatkan fasilitas BPJS, apakah keloid itu ditanggung oleh BPJS karena keloid itu bukanlah penyakit dalam, melainkan masalah estetika/kecantikan kulit (semoga saya tidak keliru, yah).

Saya ingat waktu pertama kali mengonsultasikan keloid saat masih SD, dokter-dokter di puskesmas kelihatan agak bingung, apakah masalah keloid itu ditanggung Askes.

Namun, pada akhirnya saya diperbolehkan memanfaatkan fasilitas Askes setelah beberapa dokter mempertimbangkannya.

Untuk lebih jelasnya, teman-teman bisa cari info via google atau langsung bertanya ke Puskesmas.

Come back ...

Alhamdulillah, selama keloid itu  disuntik secara rutin, maka pertumbuhannya juga berhenti & juga tidak menimbulkan rasa gatal lagi.

Friends, pengobatan keloid saya ini memang tergolong lama, yaitu (kurang lebih) 2-3 tahun karena saya membiarkan saja keloid itu tumbuh & mengeras hingga (kurang lebih) 10 tahun lamanya. 

Bayangkan saja jika keloid itu adalah penyakit yang ada di dalam tubuh. Ih, serem yah! 

Seandainya saja saat itu saya langsung mengobati keloid itu pada saat pertama kali terkena, mungkin pengobatannya tidak selama itu & tidak mengeluarkan biaya yang cukup banyak juga. 

But, 
sudahlah semua pasti ada hikmahnya.

Insya Allah, jika rutin melakukan suntik keloid, maka keloid tersebut akan semakin menipis & pertumbuhannya akan berhenti.

Friends, setelah melakukan suntik keloid yang (seingat saya) ke 34 kalinya dokter yang menangani saya saat itu mengatakan bahwa kulit di sekitar keloid tersebut sudah berubah warna menjadi agak putih. 

So
, pengobatannya sudah boleh dihentikan.

Saya juga sempat mengoleskan Dermatix (harganya sekitar Rp 150.000) pada “sisa-sisa” keloid saya (berharap agar bekasnya makin halus).
   

Kalau teman-teman punya keloid & memiliki luka yang masih baru, sebaiknya segera oleskan Dermatix atau salep sejenisnya untuk mencegah pertumbuhan keloid.

Karena menurut saya Dermatix lebih ampuh jika dioleskan pada bekas luka yang masih baru.

Sebenarnya saya sudah cukup puas & bersyukur dengan kondisi keloid saya yang sudah tidak pernah gatal lagi.

Ukuran keloid saya juga segitu-gitu saja.

Namun, saya juga selalu berusaha meng-update informasi tentang keloid yang mungkin bisa lebih memperbaiki kondisi kulit saya yang terkena keloid.

Saya sempat membaca sebuah artikel kesehatan yang merekomendasikan Sodermix (harganya sekitar Rp. 124.000) untuk keloid yang sudah lama/menahun.

Saya memutuskan untuk membelinya & saya oleskan di “sisa-sisa keloid yang ada di dada.


Apakah keloid menjadi rata?

Saya pikir semuanya membutuhkan proses & kita harus sabar dengan hasilnya.

Yang penting kita sudah mengusahakan yang terbaik (waktu, tenaga, uang, dsb.)

Actually, saya masih penasaran karena keloid di dada itu masih terlihat tebal di bagian bawahnya.

Namun, saya ingat terakhir kali suntik tahun 2015, Dokter Spesialis Kulit mengatakan suntikan keloid saya sudah harus di-STOP/dihentikan karena dianggap sudah maksimal.

Para ahli di bidangnya pasti lebih tahu yang terbaik untuk pasien.

Saya selalu ingat saat “pertemuan terakhir” itu, dokter menyampaikan bahwa kondisi kulit yang mengalami keloid memang tidak akan normal lagi seutuhnya, tetap saja akan menimbulkan bekas.

Kenyataannya, memang benar apa yang dikatakan oleh dokter tersebut karena seperti itulah yang saya alami saat ini.  

Alhamdulillah, keloid saya sudah berhenti pertumbuhannya.

Saya sudah merasa nyaman beraktivitas & tidak merasa terganggu lagi dengan gesekan kain baju yang saya kenakan. 

Friends, jangan ragu untuk mengobati keloid sedini mungkin karena keloid itu jika dibiarkan, maka semakin menjadi-jadi (hehe).

Keloid memang merupakan "penyakit" yang membutuhkan kesabaran tingkat dewa.

So, sabar yah menghadapinya. 

Ini gambar keloid saya saat ini (di 2019) yang  pertumbuhannya sudah berhenti (tidak gatal, tidak menebal, tidak melebar lagi).


Semoga informasi sederhana ini bermanfaat.  

Bagi teman-teman yang ingin berbagi pengalaman tentang keloid, silakan gabung via tautan ini 👇

https://chat.whatsapp.com/HdFMmCqBh7k6NPaVk4JJcm

Baca juga:

#Hanya ingin berbagi pengetahuan & pengalaman hidup

(annisa.natsir@gmail.com)

Comments

  1. wihh nice info
    kunjung balik, di web kami banyak penawaran dan tips tentang kesehatan
    Ada artikel menarik tentang obat tradisional yang mampu menyembuhkan penyakit berat, cek yuk
    Golden Gamat Sinusitis
    Golden Gamat Keloid
    Golden Gamat Asam Lambung
    Golden Gamat Asam Ambeien

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Sedih baget sih...hobby kepantai,ketika ada keloid gak pede lagi berenang..gak pede pake celana pendek

      Delete
    2. Iya keloid memang mengurangi keindahan kulit 😔 Meskipun sdh sembuh, bekasx tetap ada 🙂 Klo suntiknya sdh kelar, coba kasi Dermatix, agar bekasx makin halus. Makasih sdh mampir :)

      Delete
    3. Saya kasih dermatix malah tambah besar

      Delete
    4. Kondisi kulit/ keloid itu mungkin berbeda pd setiap orang. Jadi, hasilx juga berbeda. Aq baru saja baca artikel ttng keloid. Mungkin artikel ini bisa menambah informasi mengenai penyembuhan keloid: https://obatantibiotik.com/obat-keloid/

      Terima kasih sdh mampir.

      Delete
    5. Kalo punya keloid punya saya cara pengobatan nya saya tekan tekan trus kalau lagi gatal tapi ingat jangan sampai luka, lama lama kempes tapi mmg ga sempurna, masih ada sedikit lagi permukaan kulit tidak rata, dulu pernah suntik pakai obat suntik yg kamu pakai, asli saya tidak tahan nyeri sekali sampai 2hari, setelah 3 bulan suntik saya stop suntik karena mmg tidak tahan sakit nya minta ampun

      Delete
    6. Alhamdulillah sejak terakhir suntik 3 tahun lalu (2015), keloidku sampai sekarang (2018) sudah tdk pernah gatal lagi.

      Bekasnya sih masih ada.

      Tapi bersyukur karena keloid itu sudah berhenti pertumbuhannya.

      Jadi ukuranx segitu2 aja & sdh terasa nyaman saat bersentuhan dengan kain/baju yg aku kenakan (keloidku kan di dada).

      Makasih sdh mampir 😇

      Delete
    7. Suntik keloid memang cukup sakit apalagi saat pertama kali diinjeksi.

      Terlebih lagi jika keloid itu sudah mengeras seperti batu karena disimpan begitu aja bertahun2 tanpa diobati.

      Berdasarkan pengalaman pribadi, suntik keloid itu yg paling efektif u/ mengempeskan/ menyembuhkan keloid.

      Jadi tahan aja sakitx yg penting keloidnya tidak aktif/ berkembang lagi 😇

      Delete
    8. Pgen gabung jg dong,gw ada dua keloid yg pernah di operasi tapi tumbuh lagi mlh Lbh besar dr semula.rasanya gatel,nyeri ,😭😭😭😭😭

      Delete
    9. Kirim aja nomor WA-nya ke emailku:

      annisa.natsir@gmail.com

      Nanti aq masukkan di grup.

      Makasi sdh mampir 😇

      Delete
    10. Boleh gabung gk,ini nmor WA sy 085397153242

      Delete
  3. Hallo Khalifah,
    Saya bacak blog keloid mu semalam, veri intresting, Jadi keloidmu sudah sembuh total, maksud saya keloidmu sudah berhenti gatalnya dan tidak membesar sejak post kamu yang terakhir?? Boleh minta nama dokter yang kamu kunjungi/rumah sakit. Bisa minta nomor telpon WA nya, waktu saya tidak banyak, saya lagi cari dokter kulit yang ada pengalaman tangani keloid. Terima kasih banyak sebelumnya - Fen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Fen. Sebelummnya terima kasih sudah mampir. Ya, alhamdulillah keloid saya sudah tidak berkembang lagi. Dalam arti, sudah tidak gatal dan membesar lagi (ciri2 keloid yg aktif). Meskipun saya akui bahwa bekas keloidnya masih ada sampai sekarang. Namun, saya bersyukur karena keloid itu sudah berhenti total pertumbuhannya. Saya berobat di RS. Wahidin Sudirohusodo Makassar. Adapun dokter kulit yang menangani saya itu berbeda tiap saya datang ke sana. Mungkin mereka itu dokter residen, yah.
      Kalau yang kamu maksud nomor WA dokternya, saya nggak punya nomornya. Kalau Fen tinggal di kota Makassar, silahkan aja langsung konsultasi di Poli Kulit RS. Wahidin Sudirohusodo Makassar. Thanks.

      Delete
    2. Berobat keloid pk bpjs bisa g y mbk...

      Delete
    3. Berobat keloid pk bpjs bisa g y mbk...

      Delete
    4. Aku kurang tahu apakah keloid itu ditanggung BPJS atau tidak.

      Apalagi keloid itu termasuk masalah estetika 🤔

      Coba dulu konsultasi ke puskesmas. Nanti dokter di sana akan memberikan arahan, apakah boleh pakai BPJS or tdk.

      Keloidx segera diobati karena nanti makin parah, pengobatanx juga bisa lama & banyak biaya 😇

      Makasih sdh mampir.

      Delete
    5. Hi, mba. Saya juga punya keloid. Hari ini pertama kali injeksi 😵. Kebetulan sebelumnya saya udah pernah tanya di puskesmas, pengobatan keloid ga bisa pakai bpjs dengan alasan tindakannya masuk dalam ranah estetika.
      Kalau keloidnya belum besar, diobatin pakai salep yang direkomendasiin di artikel aja, saya sendiri sih dikasihnya Sodermix krim harganya Rp114.100.

      Delete
    6. Hehe ... Saya ingat pertama kali suntik rasanya ngilu banget.

      Iya setahuq keloid itu masalah estetika jadi gak bisa pakai BPJS.

      Sekarang aq juga pake Sodermix u/ merawat "sisa-sisa"keloidq 😀

      Yg penting jangan cepat bosan krn suntik keloid gak bisa sembuh hanya dengan 1 atau 2 kali suntik.

      Dan tetap akan meninggalkan bekas.

      (Postingan Ini hanya berisi pengalaman pribadi 😇).

      Makasih ya sdh mw mampir.

      Delete
    7. Mba, mau dong masuk grupnya, nanti saya email ya mba😊

      Delete
    8. Halo Serly.

      Oke deh.

      Makasi sdh mw mampir.

      Delete
  4. Hallo msksdih info info yk dimuat,selsin suntik kira kira ap bisa y?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks ya sudah mampir.
      Waktu saya konsultasi dengan dokter-dokter di Poli Kulit Wahididn Sudirohusodo Makassar, kebanyakan mereka menyarankan agar disuntik saja. Pernah juga sih, ada salah seorang dokter yang menyarankan agar dioperasi saja (mungkin maksudnya agar keloid itu sekali diangkat saja kemudian diberi obat).
      Saya juga pernah baca bahwa keloid itu bisa diobati dengan laser. Namun, pengalaman pribadi saya, mayoritas dokter menyarankan agar disuntik aja.
      Insya Allah keloid itu akan sembuh total kalau kamu gak cepat bosan berobatnya. (hehe). Kalau keloidnya gak terlalu besar/lebar, suntik keloidnya juga bisa cepat selesai kok. Menurut pengalamanku, keloid itu harus cepat ditangani karena meskipun bukan penyakit dalam, tapi sangat mengganggu bukan hanya karena masalah estetika, melainkan juga karena rasa gatal yang ditimbulkannya.
      Bayangkan, aku terkena keloid sekitar tahun 2002 kemudian diobati pada tahun 2013 (kurang lebih 10 tahun aku menyimpan keloid itu). Akhirnya proses penyembuhan juga memakan waktu, yaitu kurang lebih 2 tahun (bolak-balik RS u/ suntik). Menurut pendapat aq yah, sebaiknya konsultasi dulu ke dokter kulit (klo bisa RS Pemerintah krn biaya konsulnya gak terlalu mahal juga). Nanti kamu bakal dapat penjelasan yang lebih lengkap & bisa dapat info yg lebih lengkap. Selain itu, kamu bisa mempertimbangkan langkah selanjutnya u/ keloid itu.
      Maaf yah jawabannya panjang banget. Smoga kamu gak ngantuk bacanya.
      Sekali lagi makasi sdh mau mampir :)

      Delete
  5. Terimakasih.. Sangat bermanfaat sekali postingannya buat sy :')

    ReplyDelete
  6. Kebetulan pengalamannya sama sperti saya 6 tahun lalu waktu umur 19 thn, suntik keloid di dokter spkk, pengobatan selama kurang lebih 6 bulan, setiap 2 minggu sekali suntik :) keloid tumbuh sejak usia 8 tahun, udah tebal dan warnya sampe menghitam :( alhamdulillah skg sudah kempes, ya walaupun msh ninggalin bekas tapi sudah brsyukur keloid tdk tumbuh semakin besar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, Alhamdulillah, selamat yh Mbak 😀 Pengobatan keloid memang membutuhkan kesabaran. Terima kasih sudah mampir.

      Delete
  7. Saya juga masih menjalani suntik keloid. Udh lima kali suntik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dijalani aja. Insya Allah kalau rutin atau teratur suntiknya, keloidnya bisa cepat kempes/sembuh. Yg penting gak cepat menyerah/ bosan. Thanks sdh mampir.

      Delete
  8. Saya juga masih menjalani suntik keloid, keloid saya berada di dada, awal 2013 saya merasakan ada jerawat tumbuh di dada, selalu saya pencet tapi tidak hilang, malah tambah besar, saya biarkan sampai 2018 tambah besar, saya brousing masalah daging tumbuh di dada, baru saya tahu itu keloid, saya sudah dua kali suntik, setiap kali habis di suntik rasanya nyeri,panas, tapi saya tahan demi kesembuhan keloid yang tumbuh di dada saya, mohon do'anya agar saya selalu kuat dan tidak berhenti untuk selalu suntik keloid sampai akhirnya sembuh,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mas. Proses u/ menyembuhkan keloid memang membutuhkan kesabaran & biaya yg tidak sedikit. Waktu itu saya juga sempat mulai merasa bosan & agak malu karena para staf & perawat (sampai sudah hafal nama & wajah saya, hehe...) karena sering menunggu antrian hingga siang hari. Hal itu berlangsung selama hampir 2 tahun lamanya (serius lho ini, Mas). Keloidku juga tumbuhnya di (maaf, maaf, maaf) dekat payudara. Kebanyakan dokternya cowok lagi (Malu juga kan?).
      Keloid saya termasuk yg lama juga proses penyembuhannya karena tumbuh sejak kelas 6 SD (usia 12 tahun) & baru berobat ketika usiaku sdh menginjak 23 tahun. Keloidnya aja sudah mengeras seperti batu.
      Jangan mudah menyerah & semoga cepat sembuh keloidnya. Aamiin. Makasih sdh mampir.

      Delete
    2. halo kak, aku punya masalah kulit yg sama juga dan letaknya juga sama dgn kk. cuma baru akhir2 ini kepikiran buat ke dokter. abis baca ini jadi makin kuat keinginan buat berobat. berguna bgt infonya kak. aku mau juga ya gabung ke grupnya 081267289980. makasih kak :)

      Delete
    3. Hai Tania.

      Semoga postingan ini bisa bermanfaat u/ semuanya.

      Nanti aku masukkan grup.

      Makasi sdh mampir.

      Delete
  9. Permisi mau nanya Suntik nya itu sakit ngga kak? Kalo sakit seberapa sakit kah? Saya ada keloid udah gede gara gara cacar air :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jarum suntik "spuit" keloid itu kecil & tipis. Yang aku rasakan, jarum suntiknya itu gak sampai menusuk ke dalam daging karena yang disuntik itu cuma kulit yg terkena keloid. Lumayan sakit juga sih, bikin meringis, apalagi waktu pertama kali suntik karena keloidku sendiri sudah lumayan keras kayak batu akik. Namun, setelah beberapa suntik sudah gak terlalu sakit kok. Yakin deh, aman kok selama ditangani oleh dokter yang profesional. Makasi yah sdh mau mampir.

      Delete
  10. Kak, semua jenis keloid itu pasti bisa disembuhin gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau yg Alifah maksud jenis keloid berdasarkan penyebabx, seperti cacar air, jerawat, luka bakar, luka lecet, dsb. Insya Allah bisa kok disembuhkan asalkan rutin (gak cepat bosan) suntikx. Saran aq, sebaikx konsultasi dulu ke dokter kulit. Nanti akan diberikan saran & solusi terbaik u/ masalah keloid itu. Semakin cepat ditangani, maka semakin bagus ( cepat penyembuhannya). Keloidx jangan dibiarin tumbuh melebar & mengeras seperti batu nanti biayax juga makin banyak. Makasi yah sdh mampir.

      Delete
  11. Aku juga baru sekali suntik keloid dan rabu besuk aku harus balik untuk suntik lagi..
    Awalnya aku agak kecewa karena setelah suntik dan pemakaian krim keloid tidak ada perubahan sama sekali..
    Tetapi setelah baca postingan ini aku kembali semangat ternyata tidak hanya sekali suntik keloid bisa hilang.. Tapi berulang kali..
    Betul kata dokter nya jangan sampai bosan.😟😟

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya betul. Bahkan waktu itu aq sempat menghentikan pengobatan sekitar 1 bulan (mulai malas + biayax lumayan juga :D). Alhamdulillah, setelah suntik lebih dr 30 kali, akhirx dokter bilang bahwa pengobatanx sdh boleh dihentikan. Insya Allah kalau keloidx gak terlalu "parah" + selalu teratur suntikx, maka keloid itu bisa sembuh (gak bakalan berkembang lagi). Makasih sdh mampir.

      Delete
  12. Saya ini sudah yang ke -6 kali. Memang terasa bosan juga untuk suntik ditambah lagi biayanya juga lumayan. apakah ada dikasih salep luar juga atau pantangan yg gk boleh dimakan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suntik keloid memang "agak membosankan" (hehe). Sdh disuntik biasax agak kempes terus kembali lagi seperti bentukx semula. Saya pernah dikasi resep berupa salep sama dokter senior yg kebetulan jaga hari itu. Tapi, pas mau disuntik sama dokter (yg agak muda), dia bisik2 ke saya pas dlm ruangan, katanya: "gak usah Dek, disuntik aja, gak usah beli salep" (rahasia yah :D). Kebetulan dokter kulit yg menyuntik saya juga pernah pux keloid. Hehe... Jadi, saya gak beli salep padahal sdh dikasi resep. Tapi, sebaikx ikuti aja saran dokter yg memeriksa saat itu. Karena tingkat keparahan keloid mungkin berbeda2 pd setiap orang. Mudah2-an suntik keloidx cepat selesai. Aamiin. Makasi sdh mampir.

      Delete
  13. Oh, iya. Seingat saya pantanganx (berupa makanan) gak ada. Hanya saja klo punya luka yg sdh mulai mengering sebaikx cepat diberi Dermatix/ obat sejenisx biar gak berubah jadi keloid ( keloid itu bakat & faktor keturunan ). Harus hati2 klo punya luka. Maaf, jawabanx panjang banget. Terima kasih.

    ReplyDelete
  14. Halo, kira kira kira awalnya sebesar apa ya? Aku ada banyak :( sempet operasi tpi malah gede.. skrng pengen coba suntik lagii.., karna sodara ada bidan.. jadi pengennya beli spuit sama serumnya.. terimakasih. Dlu udah pernah beberapakali suntik tpi karna lelah berhenti sampe beberapa tahun dan skrng umurku juga udh 23 dan lagi pengen suntik lagi.. ada banyak soalnya mungkin 9 tempat :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini aku sudah menjalani suntik keloid udh yang ke -7 dan aku menjalani suntik di dokter kecantikkan. Udh agak tipis sie namun apakh kalau kita raba dibagian kukit yg ada keloidnya memang gak rata ya seperti kulid sebelum terkena keloid?

      Delete
    2. Awalx bekas cacar air itu cuma sebesar biji jagung. Dulu juga sempat gak teratur suntikx krn mulai bosan, akhirx penyembuhanx menjadi lama. Tantangan dr keloid itu sendiri adalah rasa bosan/lelah + biayax gak murah. Alhamdulillah, setelah suntik lebih dr 30 kali, akhirx dokter bilang, "suntikx sdh boleh dihentikan, tapi klo suatu saat keloidx aktif kembali (mudah2 an nggak) ya ... harus suntik lagi". Bekasx memang masih ada, sulit u/ kembali seperti sediakala (itu yg aku alami). Intix, aq sdh bersyukur keloid-ku sdh berhenti total pertumbuhanx, tidak ada rasa gatal lagi. Semangat yah :) saya paham sekali perasaan orang2 yg terkena keloid krn saya sendiri sdh mengalaminya. Thanks sdh mau mampir.

      Delete
    3. Untuk biayanya berapa ya? Aku sih antara 200-250 karna dlu belom kerja, masih kuliah kadi agak terbebani dengan biaya ga enak minta dama ortu.. alhamfulillah skrng dah kerja dah kerasa enteng buat bayar sendiri. Mudah"an bisa sabar.. makasih sharingnya..

      Delete
    4. Waktu itu suntik keloidq juga masih dibiayai orang tua (maklum, saat baru selesai studi S1) hehe ... syukurlah, ortuq cukup pengertian :D Ya, smoga suntik keloidx cepat selesai & sembuh. Aamiin. Makasih sdh mampir.

      Delete
    5. Barusan jam 6 suntik di natasha, kaget sih biayanya 600rb :( udah lama ga disuntik ternyata rasanya ga terlalu sakit.. yg sakit cuma bagian dada.. tadi suntik sebelas titik.. dapet semangat juga dari pasien sebelah hahaha. Semoga lancar.. dan bakalan suntik 1 minggu sekali. Terus berkabar yaa soal keloidmu.. prrkembangannya gimana, mudah"an sih ga tumbuh lagi. Amiiin

      Delete
    6. Wah, mahal juga biayax (hihi). Waktu tahun 2015, biaya suntik keloidku sekitar 150 ribu di RS Pemerintah Makassar. Alhamdulillah sampai skrg keloidku sdh tidak berkembang lagi (bekasx sih masi ada). Smoga tdk aktif lagi - seterusx :D Aamiin. Thanks sdh mampir :)

      Delete
    7. Punya keloid kayak sedih banget....mental aku kaya terpukul banget dengan apa yang terjadi kepada saya diusia 18tahun ini,usiaku sekarang dimana saya merasa bahwa saatnya memulai kehidupan nyata..saat dimana kayak welcome to the real world dan ini terjadi..saya sedih banget...sy hobi berenang tapi semenjak ada keloid sy jadi gak pd lagi..saya dari dulu pengen banget keBALI...dan ketika saya ada rezeki buat pergi kebali keloid ini hadir..dan akhirnya gak akan pernah kebali...saya sedih banget..setiap kumengingat bahwa keloid gak akan pernah bisa sembuh total saya seketika menangis...saya bertanya tanya..why me?��..kenapa apa yg terjadi dengan hidup saya harus berbanding terbalik dengan karakter saya..seperti hobi renang dan pengen banget travel kebali dan ini terjadi...maaf panjang..sy tdk tau harus bercerita kepada siapa..keluarga terdekat sayapun tdk tau bahwa tingkat depresi saya sebesar ini skrng...rasanya komponen terbesar dalam hidup saya hilang..kepercyaan diri saya hilang...saya kadang nangis kalau diajak renang sama teman saya..dan sy harus menolak dengan berbagai macam alasan karna keloid ini...btw aku dari makassar juga..kalau ada yg baca sampai habis saya cuma mau bilang terima kasih sudah mau baca��������

      Delete
    8. Wah dari Makassar juga yh :)

      Menurut pengalamanku, keloid itu memang tdk bisa didiamkan harus diobati/disuntik sesegera mungkin.

      Kalau kamu tertarik silahkan bergabung di grup keloid para pembaca blog ini. Kamu bisa kirimkan nomor WA via emailq: annisa.natsir@gmail.com.

      Banyak teman2 yg memberi saran & semangat terkait keloid di grup tersebut.

      Ya ... setidaknya kita tidak merasa "sendirian" :)

      Insya Allah keloid itu bisa sembuh & tdk aktif lagi asalkan kita berusaha.

      Makasih sdh mau mampir.

      Delete
    9. 08584001337
      Mohom dimasukin kak

      Delete
    10. Selamat pagi. Tadi saya membuka & membaca email. Saya sdh masukkan nomornya di WA, tapi tdk terbaca. (dari blog keloid).

      Delete
    11. Mohon dimasukin ulang kak 085840013374..maaf ada yg salah sebelumnya :)

      Delete
    12. Masukan saya juga kk 081364421286

      Delete
    13. Nmr ...3374 tdk terbaca di WA.

      Ada nmr lain?

      😊

      Delete
    14. Kak masukin ke grup juga dong🙏🙏
      083193345390

      Delete
  15. Halo, spuit nya pakai yg ukuran berapa? dan setiap suntik berapa cc atau ml? trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aq sdh lupa spuitx itu ukuran brapa krn terakhir suntik keloid 3 tahun yg lalu. Kamu bisa ke apotik & bilang sama apoteker bahwa kamu butuh spuit u/ suntik keloid. Kurang tahu juga brapa ml obat yg disuntikkan ke keloid itu karena obat Trilac yg aku bawa dr rumah langsung aq kasi aja sama dokter yg menangani aq pada hari itu (gak sempat nanya sma dokterx brapa ml yg disuntikkan, hehe). Makasih yh sdh mampir.

      Delete
  16. oya, dsna brpa satu kali suntik keloid. disini 200 rb. majal sekali 😢😢

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aq berdomisili di Makassar. Waktu itu aq suntik keloid dr tahun 2013-2015 (kurang lebih 2 tahun). Lumayan lama karena kadang aq gak rutin suntikx (klo suntikx teratur, insya Allah penyembuhanx jga cepat). Aq berobat di RS Pemerintah, Wahidin Sudirohusodo Makassar. Waktu itu biaya suntik keloid sekitar 150 ribu (spuit + obat = beli sendiri di apotik). Saran aq sih, sebaikx suntikx di RS Pemerintah aja, klo di RS/klinik swasta biasax memang agak mahal (hihi). Keloid itu masalah estetika, mungkin itu ya yg bikin biaya suntikx mahal??? Hehe. Mudah2 an cepat sembuh keloidx. Makasi sdh mampir.

      Delete
  17. berapa sekali suntik kelodi dsna?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aq suntik keloid dr tahun 2013-2015, waktu itu biayax sekitar 150 rb rupiah di RS Pemerintah Wahidin Sudirohusodo. Skrg 2018, mungkin tarifnya sudah naik dikit, hehe). Saranq, klo mw agak enteng biayax, sebaikx suntik keloidx di RS. Pemerintah aja :) Makasih yh sdh mampir.

      Delete
  18. apa nama merek obat keloidnya. Kenacort atau apa! Soalnya aku tnya obatnya apa dia gk jawab dan trus aku bilang kenacort dia bilang ini obatnya lebih bagus lagi dri kenacort!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku nggak pernah pakai salep selama (proses) penyembuhan keloidku, cuma suntik aja (spuit + trilac), ada kok gambarx di blog ini. Rencanax sih aku mau coba "keloplast"(plester penghilang keloid) supaya bekas keloidku (yg sdh tidak aktif lagi) bisa makin halus :). Jangan putus asa ! Makasih yah sdh mampir :)

      Delete
  19. aku udh pakai keloplast tapi gak berpengaruh apa2!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin keloplast lebih efektif klo keloidx sdh sembuh. Jadi, cuma u/ menghilangkan bekasx aja. Wallahu Alam :) Sepertix suntik merupakan cara yg paling efektif u/ menyembuhkan keloid. Hanya saja prosesx memang lama. Kudu sabar level dewa 😊 Semangat aja!

      Delete
  20. tp iklan keloid bisa buat kempes tp realita berbeda. Jadi selama kurun waktu suntik keloid itu sudah brpa biaya yg dihabiskan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suntik keloid (1× konsultasi) = 150 ribu x 34 suntik = Rp. 5.100.000 ( tidak termasuk spuit & obat cair trilacnya 🙂

      Delete
  21. sepertinya kita semua yg ada disini bisa saling doa mendoakan atas ujian ini! Semoga Tuhan memberikan kesembuhan bagi kita semua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Smoga setelah suntik keloidx selesai, bisa sembuh secara permanen, alhamdulillah sejak terakhir kali suntik keloid thn 2015 sampai 2018 ini, keloidku tdk pernah aktif lagi.

      Delete
  22. habis brpa botol? di share no HP atau WA untuk saling share info

    ReplyDelete
    Replies
    1. 34 x suntik, kira-kira 6-7 botol. Ini alamat emailq: annisa.natsir@gmail.com (kirim aja nmr Wa-nya). Nanti aq ping :)

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  23. Apa kata dokter dsna kalau kita tidak perlu suntik keloid lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu itu kulit di sekitar keloidku sudah berwarna putih & dokternya menyatakan pengobatannya sudah boleh dihentikan. Jadi kelihatan agak belang gitu. (Nggak usah khawatir karena Dokter spesialis kulit pasti tahu tanda-tandanya :) ). Thanks

      Delete
  24. Oya, email yg aku kirim blm diblas ya?

    ReplyDelete
  25. Aku udh 8 kali suntik ni. Hampir putus asa juga tp memang harus trus doa sama Allah untuk hal ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat aja. Kalau suntikx rutin, insya Allah bisa sembuh dengan segera. Pastix doa juga. Makasi sdh mampir :)

      Delete
    2. kok bisa gratis ditanggung ama asuransi atau gmn ya sist maaf sebelumnya 🙏

      Delete
    3. Pertama kali konsultasi keloid itu pas SD (sekitar tahun 2002) dan dokter membolehkan pakai Askes (saat itu dokter2 di puskesmas masi rada2 bingung juga, keloid itu boleh pakai askes atau tidak. Namun, dengan beberapa pertimbangan akhirx aq dibolehkan pakai askes). Ketika konsultasi lagi di tahun 2013 aq putuskan pakai "umum" aja krena setahuq suntik keloid itu pd dasarx adalah masalah estetika ( smoga gak keliru). Jadi, biasax sih tidak ditanggung BPJS. Mungkin teman2 lain pux pengalaman berbeda. (Wallahu Alam). Makasi sdh mampir.

      Delete

  26. Aku jga jenuh bgt di sntik trs hrs 2 mnggu skli tpi aku jdi smangat ni pas bca tlisn kaka .. alhamdulillah aku sntik gratis ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Dulu aq juga pernah bandel 😃, suntikx kadang gak teratur krn rasa bosan yg tdk bis dijelaskan itu 😥. Smoga suntikx cepat kelar, dan gak seperti aq yg sampai 34 x suntik/ kunjungan. Tetap semangat! Makasih sdh mampir.

      Delete
    3. Bagus dong bisa suntik gratis 😀 Mungkin pengalamanx bisa dishare sama teman2 lainnya yg skrg masih menjalani suntik keloid.

      Delete
    4. Mau masuk grop keloid sobat gmn

      Delete
  27. Apakh pakai dermatix brnar2 efektif untuk mengempeskan keloid atsu hnys nyamarkn warna kulit?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut pengalaman pribadiq, dermatix itu paling bagus/efektif dioleskan pd bekas luka yg mulai mengering (luka yg masih baru). Jadi, Dermatix itu sangat bagus u/ mencegah tumbuhx keloid pd luka. Aq sempat pakai dermatix setelah keloidku dinyatakan sembuh (beberapa bulan aja sih krn hargax lumayan mahal 😐😀) & hasilx terlihat meski tdk signifikan, yaitu bekas/permukaan keloidx menjadi licin/lembut. Mungkin kalau dermatix itu digunakan tiap hari secara teratur bisa betul2 menyamarkan bekas keloid itu. Makasih sdh mampir.

      Delete
  28. Saya barusan email mbak, mau tanya2 sedikit terkait keloid ini.. aku udah tinggalin nomer wa ya mbak.. makasih banyak sebelumnya tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya nanti aq cek emailku. Bolehlah kita semua saling berbagi pengalaman hidup.

      Delete
  29. aku takut kalo udh suntik trus gk suntik lagi akan tumbuh. yg menjadi ketakutan aku adalah stelah kita suntik dia mau tumbuh lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah sdh tdk tumbuh lagi. Terakhir 3 tahun lalu aq suntik, dan alhamdulillah hingga di 2018 bekas keloidq gak berkembang meskipun sisa2 "daging tumbuh" itu masi ada aja bekasx. Namun, klo Allah berkehendak keloidx aktif lagi berarti harus suntik lagi ( Smoga nggak, yah 😇 ). Aamiin.

      Delete
    2. Ikuti aja saran dr dokter. Dokter kulitx pasti tahu & paham, kapan suntik keloidx sdh dianggap maksimal/ dihentikan. Jadi, suntikx jangan dihentikan, klo dokterx bilang belum sembuh krn pengobatan yg telah kamu perjuangkan akan sia2 (pengalaman aq begitu). Jangan putus asa & bosan (kayak aq dulu 😐) Aman kok slama kita ditangani oleh dokter yg profesional. Klo konsultasi dama dokter kulit, jangan malu u/ bertanya spaya kamu nggak ragu, makin yakin dengan suntik keloidmu itu. Makasih sdh mampir.

      Delete
  30. Bermanfaat sekali, terima kasih infonya

    ReplyDelete
  31. Bagi teman2 yg mau berbagi pengalaman suntik keloid, kita bisa buat grup di WA agar komunikasi menjadi lebih efektif. Kalau kalian tertarik & tidak keberatan silahkan kirim nomor WA-nya via emailku: annisa.natsir@gmail.com. Thanks sdh mau mampir & berbagi cerita di blog sederhana ini 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo kak akumau masuk group wa keloid ni no ku 085832456375

      Delete
    2. Halo kak. Sy jg brusn sdh email kaka. Tlong msukin dgroupnya jg

      Delete
    3. Hai Yusn.

      Oke. Makasih sdh mw mampir 😇

      Delete
  32. Sy jg kiloid ceritanya pun sama dlu sy cacar wktu sd di dada sy styp luka sy kiloid ada bnyk di paha di tangan sy malu pakai baju krn keliatan byk orang yg nanya2 smpai skrng masih gatal sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaikx dikonsultasikan ke dokter kulit krn keloid itu kalau nggak diobati bakalan gatal terus akhirx melebar & menebal tanpa henti. Makasih sdh mampir.

      Delete
  33. Saya tertarik dengan postingan ini... Saya juga penderita keloid menahun...sebenarnya saya punya banyak pertanyaan...
    Mohon ini wa saya klo ada wktu mohon di balas
    082343500601

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya insya Allah nanti nmor Mbk Liz saya masukkan di grup. Makasih sdh mampir.

      Delete
  34. Terimaksih mbak infonya bermanfaat sekali, cerita ny hampir sama sperti yg saya alami, mbak mau tanya donk pas d suntik sakit tidak? Soal ny keloid yg d tubuh sya bnyak mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu pertama kali suntik sih memang lumayan sakit, tapi selanjutnya sakitx bisa kok ditahan 😀 Sebaikx cepat diobati agar tidak bertambah parah.

      Delete
  35. Wahh thanks ya jdi lebih pede untuk sembuh nihh :)
    Btw aku sdh 3 bln suntik di RS,dan aku cuma kluarkan uang skitar 2 bln sekali untuk obat cair utk suntiknya sama salep, itu pun harganya hanya 162ribu..
    Jdi bebannya hanya capek stiap minggu ke RS dan ngantri hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya antrix harus sabar yh 😀. Semoga sembuh permanen. Aamiin. Makasih sdh mampir.

      Delete
  36. Sekali suntik biasanya berapa kak?
    N obatnya sudah disediakan di rs kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku suntik keloid waktu tahun 2013-2015 di Poli Kulit, RS Wahidin Sudirohusudo, Makassar biayax sekitar 150-175 ribu.

      Spuit + Obat "Trilac" beli sendiri di apotik.

      Tiap kunjungan spuit & obatx harus dibawa ke poli kulit.

      Ada pengalaman teman yg bergabung di grup keloid, dia berobat di klinik, spuit & obatx disediakan oleh klinik.

      Klo tertarik kamu boleh kirim nmr WA kamu via emailku: annisa.natsir@gmail.com.

      Nanti aq masukkan di grup keloid. Banyak teman2 yg bisa memberi saran terkait keloid itu. Jadi sumber informasix beragam 😊

      Makasih sdh mw mampir.

      Delete

  37. Terimakasih kak udah berbagi pengalaman.. Aq juga punya masalah berkaitan sm keloid,, sama persis sama apa yg kk alami.. Keloid uda bertahun" tdk dtangani krna wktu itu aq msih smp jd pngetahuan ttg keloid itu masih kosong bgt, skrg aq pngin perlahan mengatasi keloid ini.. Mohon dbntu untuk sharing lbh bnyak lg kak.. Aq uda kirim no WA ku k email kk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kirim aja nmr Wa-nya via email: annisa.natsir@gmail.com

      Terima kasih sdh mampir 😀

      Delete
  38. kak mau tanya, untuk obat injeksinya apakah kakak beli sendiri?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya konsultasi pertama di poli kulit dikasi resep berupa spuit & trilac (beli di apotik).

      Tiap kunjungan, obat tersebut harus dibawa.

      Terima kasih sdh mau mampir.

      Delete
  39. Masukun aku ke wa dong kk 081364421286

    ReplyDelete
  40. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  41. Aku baru muncul keloid setelah operasi 2 bulan lalu. Tadi aku ke dokter, katanya perlu disuntik. Beberapa jam kemudian keloidnya warna agak kemerahan dan hitam. Aku khawatir.. menurut mba, kalo ini memang wajar atau gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut pengalamanku warna keloid memang kemerahan/ hitam.

      Cara paling efektif untuk mengempeskan keloid ya ... dengan disuntik (pengalaman pribadi).

      Sebaiknya ikuti aja saran dari dokter spesialis kulit karena mereka lebih memahami.

      Kalau disarankan untuk disuntik jangan ditunda, nanti keloidx makin gatal & bertumbuh (menebal & melebar).

      Mumpung keloidnya masih baru/kecil, insya Allah pengobatanx juga bisa cepat selesai. Aamiin.

      Makasi sdh mau mampir.

      Delete
    2. Ooh terima kasih mbaa 🙏🙏😃😃

      Delete
  42. Mbak, hp ku 081257140330. Tolong masukkan ke grupnya ya mbak. Makasih banyak
    Saya sudah besar sekali keloid nya. Kira2 sudah 12 tahun dibiarin. Pernah ditahun ke 4 saya coba laser tapi ndak mempan.
    Ini saya mampir kesini krn lagi menikmati nyerinya keloid sampe ga bisa tidur 😁😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nanti saya masukkan di grup keloid yah.

      Makasi sdh mau mampir 😀

      Delete
  43. 081393314918,tolong dimasukin ke grup kk..alhamdulillah ada thread tentang keloid,sangat membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ralat no.nya kk jadi 081293315918

      Delete
  44. Haduh salah salah 😅 081293314918

    ReplyDelete
  45. Nomornya sudah saya masukkan di grup keloid 😀

    Terima kasih sdh mampir.

    ReplyDelete
  46. Ka mausukin nomer saya ke group keloid 08567847155

    ReplyDelete
    Replies
    1. ka masukan saya juga ke grup keloid ka mksih 081272187466

      Delete
    2. Coba masukin saya k group juga ka barang kali bisa share 083823352536 kebetulan saya juga puny caloid :(

      Delete
  47. Oh iya ka, untuk bekas keloid kan kasar gitu kaya kerutan hehe, untuk menghilangkan nya saya pernah pakai exfoliant saja, tapi syarat nya keloid nya harus dengan kondisi sudah kempes tidak ada daging2...

    Jenis Exfoliantnya chemical phelling

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, nice info 😀

      Keloid saya sdh tidak pernah gatal lagi semenjak disuntik trilac.

      Next, semoga keloid saya bisa rata/ kempes 😇

      Makasih sdh mampir.

      Delete
  48. thx kak info'y.. bdw sya mau nnya apa keloid kakak cuman ada 1?
    aku jga ada keloid dibadan dan ini lebih dari 1��...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, keloid saya cuma ada satu di dada (bekas cacar air).

      Sebaikx segera disuntik biar gak terus-terusan berkembang & gatal kan.

      Klo keloidx masih kecil, penyembuhan juga bisa cepat & biayax gak terlalu banyak 😊

      Terima kasih sdh mampir 😇

      Delete
  49. kalo suntik beberapa titik sama satu titik sama ngak biayanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kurang tahu apakah biaya suntik keloid itu berdasarkan jumlah keloid di tubuh.

      Keloidku cuma satu aja.

      Coba dulu konsultasi di RS/ klinik kulit or kecantikan.

      Kunjungan pertama biasax kita akan konsultasi seputar masalah keloid sama dokter & diberikan resep.

      Setelah itu kamu bisa pertimbangkan mw melanjutkan pengobatan keloidmu atau tidak.

      Waktu & biaya memang menjadi hambatan u/ penyembuhan keloid (pengalaman pribadi) 😇😥

      Makasih sdh mampir.

      Delete
  50. Bisa dimasukin kegrup keloidnya gak kak��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Kirim aja nmor WA-nya ke email: annisa.natsir@gmail.com

      Makasih sdh mampir 😇

      Delete
  51. Pas suntik waktu udah menipis keloid'y kerasa sakit gg mba??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya lumayan sakit karena jarum spuitx sudah menyentuh kulit kita, bukan hanya daging keloidx saja (hehe).

      Tapi biasax bagian keloid yg sudah betul2 menipis tdk disuntik lagi.

      Dokter akan menyuntik bagian yg masih tebal.

      Seperti keloid aku yg menipis itu bagian tengahx dulu, tidak menipis secara keseluruhan.

      Bersyukur sekali yg paling penting keloidx sdh gak aktif lagi.

      Makasih sdh mampir.



      Delete
  52. Saya jg masukin kak 085725756389

    ReplyDelete
  53. saya juga bermslah dgan keloid ..tpi tdk gatal2 mbk.ukurn nya pun tdk terllu besar tpi agak tebal.
    kira2 pengobtan nya cukup dg pakek krim saja ya mbak.mngkin mbak tau.krna udh bnyk konsul sama dokter2.
    sbelumnya mksih bnyk mbak tas perhtiannya.hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya keloid yang aktif itu biasanya terasa gatal & akan terus berkembang/menebal.

      Keloid aku sendiri bagian bawahnya itu (ada di gambar blog ini) masih tebal, kayaknya sih masih harus disuntik lagi biar kempes.

      Tapi dokter kulit waktu mau suntik ke-34 kalinya, bilang bahwa suntikan keloidku sudah harus dihentikan/sudah cukup.

      Terakhir suntik akhir 2015 - sekarang, gak pernah gatal lagi, makanya aku diamkan saja karena tidak terasa mengganggu seperti dulu (sebelum disuntik).

      Aku sudah pernah coba DERMATIX, tapi sepertinya lebih ampuh untuk bekas luka yang masih baru (untuk pencegahan).

      Sekarang aku pakai SODERMIX.

      Aku dapat referensi dari sebuah artikel kesehatan, katanya SODERMIX ini cukup ampuh menangani keloid yang sudah lama/menahun.

      Pemakaiannya maksimal 6 bulan.

      Sekarang sih masih berproses. Aku lihat keloidku agak berkerut gitu setelah beberapa kali penggunaan salep tersebut.

      Kalau menurut aku sih sebaiknya kamu konsul dulu ke dokter kulit. Kamu bisa nanya-nanya dulu u/ konsul pertamanya.

      Selebihnya kamu bisa pertimbangkan pendapat dokter. Mau lanjut pengobatan atau tidak.

      (Ini hanya pengalaman pribadi) hehe ...

      Makasih sudah mampir.

      Delete
  54. Assalamu'alaikum mba
    Hari ini baru saja saya mengantarkan teman say untuk suntik keloid, tetapi dokter gak bilang untuk datang rutin, jadi suntik kalau lagi sakit saja,dan gak dikasih obat atau salep apa apa.
    Paska suntik makanan atau minuman yang tidak boleh dikonsumsi ada gak ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikum salam 😀

      Setahu saya suntik keloid itu harus dilakukan secara rutin karena kalau cuma 1 kali suntik, biasax belum memperlihatkan hasil, bahkan keloidx masih terasa gatal.

      Jadi, tidak hanya 1 atau 2 kali aja karena proses penyembuhanx memang membutuhkan waktu apalagi kalau keloidx sudah menahun, melebar & tebal.

      Pengalamanku tiap dokter itu memang beda2 sih pembawaanx 🤔

      Kadang2 ada yg cuek gitu (hehe).

      Kadang sebagai pasien kita yg harus proaktif bertanya & harus punya inisiatif sendiri u/ melanjutkan pengobatan.

      Kalau makanan yg pantang u/ dikonsumsi sih setahuq gak ada.

      Kecuali kalau punya alergi terhadap makanan tertentu yg bisa menyebabkan kulit gatal sampai terluka.

      Klo punya bakat keloid, luka seperti bekas garukan di kulit kita bisa berkembang menjadi keloid.

      Sebaikx klo punya luka yg sudah mulai mengering segera kasih Dermatix or Sodermix u/ mencegah keloidx tumbuh.

      Jawabax panjang banget 🤗

      (Ini hanya pengalaman pribadi aja).

      Makasi sudah mampir.

      Delete
  55. Saya juga punya caloid di area muka akibat kecelakaan mobil , kebetulan waktu itu kecelakaanya agak parah , muka terkena pecahan kaca saat kecelakaan . Waktu dulu masih awam banget ngga gau mesti pake obat apa , sedengernya aja dr orang pake obat apa . Akhirnya ga tau tuh pake obat apa lupa cuma kayak semacam obat cina , udah ngerasa semenjak pake obat itu ko kaya ada gumpalan daging gitu di atas luka , saya pikir itu efeke sampingnya ternyata setelah pake obat itu ngrasa caloidnya malah makin menebal akhirnya saya berentikan , baru ada penanganan injaction itu bulan lalu , kebayang dong caloid di muka ngga PD nya kaya apa :'(
    Sama saya juga pake trilac, harga obatnya 130rb kalo ga salah , setiap suntik ke dokter biayanya 50rb , dan itu di lakukan seminggu sekali , di bantu dengan obat oleh namanya kelocote harganya kalo g salah 416 atau 516rbn dan itu cuma 15g isinya , alhamdulilah sekarang caloid ku sudah mulai rata dengan kulit tapi warna lebih kemerahan dan benar tidak akan serupa dengan kulit yang sblumnya .ada penanganan lain setauku yang bisa d gunakan bagi sebagian orang yang punya caloid tp bukan karna keturunan, aku lupa namanya laser apa yanh prosesnya tuh kaya pembuatan luka baru , yang nantinya tuh di lakukan penyembuhan ulang , tapi katanya bisa juga sama orang yang emang bener punya faktor keturunan , ngga paham juga si sebenrnya , karna takutnya bekas laser nya tuh malah tumbuh lagi caloid , maad jika penulisan kalimatnya tidak beraturan semoga bermanfaat hehehe, dan lupa kadang kalo lagi males ke dokter kadang saya suntik sendiri alhamdulillah aman. Efek samping normal setelah injaction trilac yaitu memerah dan kembung di area caloid , jika ada yang mau ngobrol seputar caloid bisa wa di nomorku ya 083823352537.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, pengalaman yang sangat menarik :)

      Nomorx saya masukkan di grup keloid yah.

      Makasi sudah mampir.

      Delete
  56. mbak minta tlg dimasukkan digrup keloid ya 081250855552...mksh

    ReplyDelete
  57. Tolong msukin ke grup keloid ya mba :) ini no ku 089502092692

    ReplyDelete
  58. Baca artikel kamu bikin saya makin takut untuk suntik . 5 thn lalu aku operasi untuk keloid di perut dan telinga . Dan skrg malah 2x lipat dr sebelumnya . Udah coba berbagai merk cream tp ga ngaruh sampe akhirnya pasrah . Dokter sih dulu nyaranin untuk suntik setelah operasi jika timbul lagi tp krn takut sakit dan biayanya yg musti maintan akhirnya ga mau . Sekarang jd ga pede krn telingaku jd aneh sebelah . Besar banget keloidnya. Malu kadang berasa alien, diliatin orang . ����. Tp mau ganti tahun kayanya aku mau perawatan lagi deh . Ga pede. Sumpah .��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keloid memang cukup menakutkan apalagi kalau tumbuhnya pada bagian yg tdk memungkinkan u/ ditutupi + rasa gatalx yg sangat mengganggu.

      Sepengetahuan saya, suntik keloid adalah cara yg paling efektif u/ mengempeskan keloid/ menghentikan pertumbuhanx.

      Dari informasi yg saya peroleh dr grup keloid WA, kebanyakan teman2 yg operasi, menyatakan keloidx makin menjadi2.

      Klo pengalaman pribadi saya Mbak, setelah terakhir suntik tahun 2015, alhamdulillah sampai skrg tdk pernah gatal lagi & ukuran keloid saya segitu2 aja.

      Meskipun belum rata. Tapi klo Allah menghendaki keloidx aktif lagi, kemungkinan saya akan suntik kembali.

      But, semoga tidak aktif lagi.

      Terima kasih sdh mw mampir 😀😇





      Delete
  59. asalamuallaikum kak ,,saya mau nanya kalau bakat keloid it bsa dismbukan tidak ,itu dulu dikarenakan gagal tindik kak ,,saya sudah oprasi sampai 4 x ,,mau suntik keloit takut ,,
    ,,minta saranya ka terima kasih
    wasalamualaikum wr.wb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ws.

      Setahu saya suntik merupakan cara yg paling efektif u/ menghentikan rasa gatal & pertumbuhan keloid.

      Alhamdulillah, setelah suntik keloid 3 tahun lalu, sampai skrg keloid saya tdk pernah gatal lagi.

      Meskipun keloid tersebut masih ada smpai skrg, setidakx pertumbuhanx sdh berhenti.

      Sebaikx suntik aja spaya keloidx tdk bertambah parah 😀

      Delete
  60. Asalamualaikum kak ,,saya sudah oprasi sebnyak 4 x ,karna saya juga pnya bkat keloid ,itu dikarenakan gagal tindik diteliga kak ,
    saya disarankan suntik keloid mash tkut rasa sakitny ,apakah keloid saya bsa smbuh total ka

    minta saranya kak
    makasi wasalam wr.wb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ws.

      Sebaiknya disuntik aja biar keloidx tdk makin parah.

      Setidakx bisa menghentikan pertumbuhan & rasa gatal keloid kamu.

      Keloid itu memang sulit sekali u/ sembuh total, maksudx menjadi rata seperti luka biasa.

      Saranku sebaikx disuntik aja.

      Makasi sdh mw mampir 😇

      Delete
  61. Aku udah pernah suntik pake trilac sampe obatnya abis. Kayaknya tuh keloid belum smbuh totaL jdinya pas obat abis aq gak suntik lagi jdi besar lagi.. Huhu
    Skr malah nambah lagi. Mw berobat pke trilac lagi aq nya hamil.
    Setahun kmren pake bawang putih.. Brkurang sih tpi ttap yg bagian hitamnya mrlebar lagi.
    Skr lagi d oles2 pake jafra kok kayak malah mrangsang mmbesar. Sedihhh
    Bisa kasih solusi?

    ReplyDelete
  62. Aku udah pernah suntik pake trilac sampe obatnya abis. Kayaknya tuh keloid belum smbuh totaL jdinya pas obat abis aq gak suntik lagi jdi besar lagi.. Huhu
    Skr malah nambah lagi. Mw berobat pke trilac lagi aq nya hamil.
    Setahun kmren pake bawang putih.. Brkurang sih tpi ttap yg bagian hitamnya mrlebar lagi.
    Skr lagi d oles2 pake jafra kok kayak malah mrangsang mmbesar. Sedihhh
    Bisa kasih solusi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keloid saya cuma 1 aja di bagian dada bekas cacar air.

      Satu keloid itu aja sampai 34 kali suntik.

      Mungkin sekitar 6-8 botol Trilac yg habis terpakai.

      Dalam proses berobat itu memang rasa bosan + biaya menjadi tantanganx 😀

      Saya sempat berhenti suntik sekitar 1 bulan.

      Namun, saya lanjutkan lagi sampai dokter kulitx bilang:

      "Suntiknya sudah boleh stop atau dihentikan krn kulit di sekitar keloid sudah belang/ kontras dengan warna kulit saya.

      Padahal waktu itu keloid saya masih belum rata/ masi ada daging2-nya.

      Saya syukuri aja berhubung setelah suntik 3 tahun lalu, keloid saya sampai skrg tdk berkembang atau aktif lagi.

      Ukuranx ya ... segitu2 aja.

      Oh iya, sebelum suntik keloid aku juga sempat pakai bawang putih.

      But, sepertix bahan alami itu tidak cocok di kulitq karena keloidku bernanah (makin parah).

      Tiap dokter itu beda2 juga pembawaanx. Kadang sebagai pasien kita yg harus aktif bertanya.

      Setelah kita disuntik, ada dokter yg langsung kasi info, misalnya: "2 minggu dr suntik yg skrg, datang lagi yah", suntikx harus rutin".

      Namun, ada juga dokter yg gak ngomong apa2.

      Jadi, setelah suntik biasax aq langsung tanya:

      "Apakah suntik masih dilanjutkan, Dok?"

      Mungkin karena keloidq sdh menahun. Jadi proses suntik/ sembuhx juga lumayan lama.

      Tiap-tiap orang mungkin beda2 hasil dr suntik pake Trilac itu.

      Sebaikx konsultasi lagi sama dokter kulit supaya dikasi solusi terbaik.

      (Tulisan ini hanya berisi pengalaman pribadi selama berobat di poli kulit RS Pemerintah).

      Semoga kamu gak ngantuk bacanya 😀

      Makasih sudah mau mampir di blog sederhana ini 😇


      Delete
  63. Aku bekas bisul jadi keloidd ,aku udah ke poli kulitt cuma di kasih salep dan ,salep padahal aku udah 3 x ke poli kulitt, ,tapi doktenya,, keras kepala, aku padahal pengin di suntikk,, gimna itu kakk,tapi katanya pake salepp aja terus yang pemg penting rutin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu pertama kali ke poli kulit aku langsung disarankan oleh dokter u/ suntik keloid.

      Sempat juga ada dokter yg sarankan u/ operasi tapi dokter2 lain lebih cenderung/menyarankan untuk suntik keloid saja.

      Sempat mw dikasi salep (pengobatanx kombinasi: suntik + salep) tapi aq gak beli karena ada dokter yg kasi saran klo suntik aja sdh cukup.

      Coba kamu ke RS Pemerintah yg lain/ klinik kecantikan.

      Karena setahuq sampai sekarang cara yg paling efektif u/ menghentikan pertumbuhan keloid adalah disuntik.

      Klo salep keloid seperti Dermatix paling ampuh digunakan u/ luka yg baru sembuh (u/ pencegahan keloid)

      Atau dioleskan kalau keloidx sudah menipis.

      (Konsul dokter + Pengalaman pribadi).

      Terima kasih sdh mampir 😇

      Delete
  64. 085523612912 masukan group ya kaa:)

    ReplyDelete
  65. Aku baru mulai pengobatan pertama. Ada 4 keloid di tangan dan kaki jadi kurang percaya diri kalo pakai celana pendek. Semoga hasilnya nanti bisa maksimal 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting suntikx rutin & tdk cepat bosan.

      Jangan hentikan pengobatan "di tengah jalan" 😀

      Pokokx harus semangat berobat sampai dokter kulitx sendiri yg bilang:

      "Suntikx sudah boleh Stop/ dihentikan".

      Kulit yg terkena keloid biasanya masih akan menimbulkan bekas meski sdh diobati secara maksimal.

      Intix, kita sudah berusaha yg terbaik.

      Dan keloid itu dinyatakan sembuh total atau tidak aktif (tidak gatal, tidak menebal, dan tidak melebar lagi).

      Makasih sdh mw mampir.

      Delete
  66. saya juga baru beberapa bulan kena luka bakar yang cukup dalam dan setelah sembuh mulai tumbuh keloid yang semakin hari semakin gatal dan semakin menonjol..


    emmmh aku mau tanya apa itu suntiknya ga bisa sama kita sendiri aja yah biar praktis gitu.??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Hinz ..

      Wah, mumpung bekas luka bakar (keloid) kamu masi baru segera konsultasi ke dokter kulit.

      Dan sebaikx minta disuntik aja krn menurut pengalamanku & teman2 lain yg terkena keloid ...

      Cara yg paling ampuh menangani keloid (u/ menghentikan pertumbuhan & rasa gatalx) adalah dengan jalan disuntik.

      Dulu aku juga pingin suntik sendiri, karena kelihatanx gampang2 aja (hehe).

      Tapi aku takut krn tidak ada ilmu ttng cara suntik keloid itu 😥

      Misalx, berapa ml cairan "Trilac" yg disuntikkan ke dalam keloid.

      Khawatir nanti malah salah suntik 😓

      Sempat juga pingin minta sama dokterx u/ ngajarin tapi gimana gituu yah 😀

      Segan juga hehe ...

      Sebaikx konsultasikan keloid kamu segera mungkin biar sembuhx juga cepat mumpung keloidx masih baru.

      Dan tdk mengganggu aktivitas.

      Ceramah deh aku 😁

      Smoga gak ngantuk. Makasi sdh mampir.



      Delete
  67. Ka kalo di laser keloidnya ,gimna itu kakk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo laser saya belum pernah coba.

      Saya sempat membaca blog yg di dalamx bercerita ttng pengobatan keloid dngn berbagai metode, termasuk laser.

      Kisah penyembuhan keloidnya cukup menarik.

      Ini alamat blogx:

      http://keloidwajah.blogspot.com/2017/02/cara-menyembuhkan-keloid-di-wajah.html?m=1

      Semoga bisa memberikan info & inspirasi.

      Makasi sdh mampir.

      Delete
  68. Aku juga ada masalah keloid kak di tangan bekas cacar . kayaknya makjn membesar dan risih kalo kegesek baju
    Selain suntik pengobatan apa lagi yaa yg bisa bikin agak mengecil gitu ? Soalnya suntik kan gak di cover asuransi yaa kalo pribadi berasa bgt . apalagi harus bolak balik suntik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keloid yg belum pernah ditangani sama sekali memang menimbulkan ketidaknyamanan.

      Setahuq sampai saat ini pengobatan keloid yg paling ampuh dengan cara disuntik krn aku sendiri sdh mencobax.

      Ya bgtulah keloid itu masalah estetika (smoga gak keliru) jadi tidak ditanggung asuransi.

      Saranku sih jangan ragu u/ konsul ke dokter kulit krn nanti kamu bakalan dikasi masukan u/ pengobatan keloidmu.

      Keloid itu sifatx jika dibiarkan maka semakin menjadi2.

      Melebar, menebal, memerah (otomatis klo keloidx parah, pengobatax juga lama & banyak biaya).

      Menurutq pengobatan keloid itu harus disegerakan.

      Dulu aq juga sempat bosan bolak-balik poli kulit + biaya yg tdk sedikit.

      Tapi alhamdulillah sekarang aku sudah merasakan hasilx.

      Keloidku gak pernah gatal & tumbuh lagi.

      Meskipun "sisa-sisa" daging keloid itu masih tersisa ...

      Namun, tidak terasa lagi saat bersentuhan dengan kain baju yg aq kenakan.

      Pokokx aq bersyukur dengan "sisa keloidku" yg sekarang.

      Aq sempat pakai salep Dermatix (tapi sepertix lebih ampuh u/ bekas luka).

      Sekarang sih aq pake Sodermix u/ merawat bekas keloidku.

      Panjang ceritanya jika berbicara ttng keloid 😀

      Makasi sdh mw mampir.

      Delete
    2. Boleh gabung gak dgrupX,Ini nmor WA sy ya 085397153242

      Delete
  69. Halo kak, sangat informatif bgt 😊😊 aku juga punya keloid di dada juga bekas cacar pas SMA. Emang bener bgt, kalo dipencet malah keloid semakin membesar. 😢 Boleh dong kak ikut grup wa nya. Tolong masukkin ya. 089653523106

    ReplyDelete
  70. Mbak sedikit cerita yaa mau berbagi juga sebenarnya..kenalin saya Diah dari Solo saya pernah OP telinga Cholesteatoma kan dinding telinga saya ada sayatan bekas luka operasi 1th yg lalu nah setelah itu timbul benjolan dokter saya bilang itu keloid di dinding telinga luar saya. Itu harus disuntik keloid biar bisa mengecil..pertanyaan saya apa suntik keloid itu menyakitkan?dan apakah ada efek sampingnya mungkin nyeri atau panas mungkin?tolong jawab ya mbk makasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Diah ..

      Setahu saya sampai sekarang cara yg paling efektif u/ menghentikan pertumbuhan & mengempeskan keloid dengan jalan disuntik.

      (Karena saya sendiri sudah mencobanya).

      Awal suntik memang terasa sakit & nyeri sekali.

      Tapi klo sdh terbiasa kita akan "akrab" dengan rasa sakit itu.

      Mksdx lama-kelamaan klo sering disuntik pasti juga biasa (sakitx terasa biasa saja).

      Kalau efek samping, insya Allah gak ada selama kita ditangani oleh dokter yg profesional 😀

      Jangan ragu u/ konsul ke dokter kulit.

      Keloidx disuntik aja, minimal pertumbuhan keloidx bisa terhenti & kempes.

      Meskipun jujur keloid saya sendiri masi ada "sisa-sisa" dagingx sampai sekarang.

      Tapi, saya bersyukur karena ukuranx segitu2 aja & tidak pernah gatal lagi.

      Makasi sdh mampir.

      Delete
  71. mau tanya, kalqu obatnya beli sendiri itu beli nya dimana ya, sy nyari2 ke apotik kok tidak ada , apa harus resep dokter?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trilac-nya saya beli sendiri dr apotik tapi bawa resep dari dokter.

      Klo nggak ada resep dr dokter ...

      Mungkin kamu bisa perlihatkan gambar Trilac-nya sama petugas apotik.

      Makasih sdh mampir 😀

      Delete
  72. Aku juga punya keloid di dada dulu thn 2017 aku mulai suntik keloid sama seperti kk ,kadang saya di suruh 2minggu sekali untuk suntik keloid ,dan selama 6 bulan saya masih suntik keloid ,katena saya gk kuat dengan rasa sakitnya saya hentikan pengobatan dengan cara suntik itu, yang tadinya keloid saya udah mau rata karena gk pernah suntik lagi dan sekarang jadi semakin besar , bingung 😥

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu masa pengobatan keloid saya juga sempat berhenti beberapa bulan.

      Klo sakitnya sih saya sudah terbiasa.

      Hanya ada rasa malu, bosan, dan persoalan biaya hehe

      Tiap 1, 2, atau 3 minggu suntik lagi otomatis pegawai rumah sakit jadi mengenal wajah saya hahaa

      Sebaiknya lanjutkan suntik keloid kamu sampai dokternya sendiri yg bilang sudah harus di-STOP.

      Insya Allah suntik secara rutin bisa menghambat/menghentikan pertumbuhan keloid.

      Makasi ya sdh mampir.

      Delete
  73. Aq jg punya keloid kak tlg di masukan grup ini nmr saya 085732352771 terimakasih kak

    ReplyDelete
  74. Assalamu alaikum. Dek masukan ke grup yach 081355475119

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Review: Natur-E Advanced & Natur-E 300-IU

Kulit Lembab, Segar, dan Glowing dengan Natur-E Apa kabar … (Tidak tahu mengapa akhir-akhir ini saya hobi sekali me- review “sesuatu”) Memang ada keuntungannya? Mungkin …   :D (masih rahasia) So … Pada kesempatan sebelumnya, saya sudah me- review "Handbody Citra Mangir Jawa & Anggur India" . Kali ini saya ingin sekali membagi pengalaman positif tentang Vitamin Kulit Natur-E Advanced & Natur-E 300-IU . Friends, di awal kuliah S1 (sekitar tahun 2009) saya pernah mengonsumsi Natur-E 100-IU (warna hijau). (Kalau tidak salah zaman itu memang Natur-E hanya punya satu varian). Namun, saya kurang teratur mengonsumsinya. Maklum, waktu itu kesadaran untuk merawat kulit belum seperti sekarang ini (wkwkwk). Nah, di zaman now , saat perkembangan teknologi informasi sudah sedemikian mudahnya diakses, maka info seputar pentingnya menjaga kesehatan kulit pun mudah sekali didapatkan. Selain itu , sebagai wanita Indonesia yang ting

Pengalaman Terkena Penyakit Kulit Sarampa

Sarampa, Penyakit Apa Itu? dok. pribadi Assalamu Alaikum Friends … Pada postingan kali ini saya ingin berbagi pengalaman terkena penyakit kulit bernama Sarampa . Sepanjang perjalanan hidup (dramatis dikit), pertama kalinya di bulan April 2019 saya mengalami gatal yang sangat, sangat luar biasa pada sekujur tubuh. Awalnya saya pikir semua itu disebabkan oleh ulat bulu karena sudah seminggu, hewan imut tersebut berwara-wiri di halaman & di dalam rumah. Saya juga heran mengapa hewan kecil tersebut tiba-tiba saja berseliweran, bukan hanya di rumah saya tetapi di rumah tetangga-tetangga yang lain. Ilustrasi wabah ulat bulu Jangan-jangan kami terkena wabah ulat bulu :D Baca Juga: 4 Karakter Pria Yang Diidamkan Wanita Di sisi lain, saya juga menduga-duga bahwa gatal yang saya alami bukan hanya disebabkan oleh ulat bulu, melainkan karena saya baru saja mengganti produk sabun cair. Mungkin kandungan bahan di dalamnya tidak cocok dengan k